Batik Batara Brama

Dewa Brama selalu mengusahakan kebahagiaan pemujanya dengan mengajak seluruh pemujanya bekerja bersama-sama hingga tidak ada seorangpun yang tertinggal. Selanjutnya, Dewa Brama juga disimbolkan sebagai Dewa yang menjaga keamanan negara dengan selalu menindak musuh negara dan menyebabkan musuh negara selalu menjadi ketakutan. Pemimpin juga hendaknya selalu menghancurkan musuh negara sampai habis layaknya Dewa Brama.

Seorang pemimpin adalah seorang yang memiliki keberanian dan memiliki wawasan kewilayahan yang memadai. Dengan modal itu, secara terus-menerus dia akan mengkonsolidasikan kekuatan sehingga rakyat yang dipimpinnya selalu berada dalam kontrolnya. Dia akan melindungi daerah kekuasaan dari kemungkinan adanya musuh yang bermaksud untuk mengganggu kedaulatan wilayahnya. Di bawah pemimpin yang seperti itu, rakyat pun memiliki keperwiraan yang tangguh. Jika diperlukan, mereka dapat digerakkan untuk menghadapi musuk setangguh apapun. Rasa takut tidak akan dapat menghalangi mereka karena mereka telah mendapatkan restu dari pemimpin mereka yang gagah berani.

Menurut buku Ajaran Kepemimpinan Asthabrata Kadipaten Pakualaman (2016:63) terdapat visualisasi dari Batara Brama, sebagai berikut:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *