Brujul Adventure Park & Taman Banyu Langit, potensi di Desa Wisata Peniron Kabupaten Kebumen

Desa  Peniron  merupakan  desa  yang  terletak  di  Kabupaten  Kebumen  Provinsi  Jawa Tengah. Desa Peniron memiliki tempat wisata yang memiliki potensi untuk dikembangkan yaitu Wisata  Brujul  Adventure  Park  dan  Taman  Banyu  Langit,  namun  potensi  tersebut belum  bisa  dimaksimalkan  oleh  masyarakat  setempat. Salah satu permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan desa wisata adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia lokal   dalam   pengelolaan   kampung   wisata, dimana   sumber   daya   manusia   sangat menentukan keberhasilan pengelolaan desa wisata.

Wilayah Desa Peniron terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi dengan ketinggian wilayah antara 60-400 meter diatas permukaan air laut (Mdpl). Dibagian tengah berupa dataran rendah bergelombang dengan aliran Sungai Cungkup yang berhulu di Bukit Paduraksa. Dataran rendah tersebut hingga ke bantaran Sungai Luk Ulo yang merupakan sungai utama yang melintasi bagian timur Desa Peniron. Dataran tinggi berada di sebelah utara yang berupakan Perbukitan Brujul-Paduraksa dengan puncaknya yakni Bukit Brujul, Bukit Tugel dan Bukit Gandong. Sungai-sungai yang berhulu di dataran tinggi ini adalah Sungai Cungkup, Sungai Kalisuci, Sungai Kalikeji, Sungai Kalisana, Sungai Kalipoh, Sungai Kalipancur. Sedangkan disebelah selatan terdapat punggungan Perbukitan Pranji dengan sungai-sungai yang mngalir diantaranya Sungai Klantang, Sungai Sibango, dan Sungai Kembang.

Kultur budaya yang merupakan Adat Istiadat Desa Peniron telah turun-temurun dilakukan oleh masyarakat desa, antara lain : Ruwat Bumi merupakan ungkapan syukur atas hasil bumi. Ruwat Bumi dilaksanakan setiap 3 tahun sekali di bulan sura dengan mengadakan ruwatan bumi dan pagelaran wayang kulit. Merdi Bumi merupakan ungkapan syukur atas hasil bumi. Merdi Bumi dilaksanakan setiap 1 tahun sekali di bulan sura, kecuali pada saat Ruwat Bumi dengan mengadakan pagelaran wayang kulit. Ruwat Dadung merupakan ungkapan syukur atas hasil panen dan ternak, serta penghormatan kepada leluhur. Ruwat Dadung dilaksanakan setiap 3 tahun sekali dengan mengadakan pagelaran wayang kulit. Manisan merupakan ungkapan syukur atas hasil panen dan pengharapan setahun kedepan. Manisan dilaksanakan setelah selesai panen padi dengan mengadakan kepungan tumpengan. Jabel merupakan ritual sesaji persiapan panen padi yang diletakan di ujung sawah arah barat daya. Palahkiah merupakan selamatan yang dilaksanakan di batas desa setiap bulan sura, biasanya dilaksanakan pada hari kamis wage malam jumat kliwon. Patbelasan merupakan ritual mendalami ilmu kejawen yang dilakukan tanggal 14 di bulan sura.
Kelembagaan wisata  Brujul  Adventure  Park  dan  Taman  Banyu  Langityang  saat  ini  dikelola  oleh POKDARWIS  masih  belum  terbentuk  secara  maksimal  sehingga  menyebabkan  kurang maksimalnya pengelolaan objek daya tarik wisatatersebut.

Brujul Adventure Park, tempat piknik keluarga di Kebumen yang rekomended untuk anda nikmati pesona alam dan spot terbaiknya. Akhir pekan menjadi hari dimana sebagian orang menghabiskan waktunya dengan berlibur. Kabupaten Kebumen Jawa Tengah menyuguhkan berbagai macam destinasi terbaiknya selain pantai yaitu wisata alam. Obyek wana wisata Brujul Adventure Park menawarkan pesona alam lengkap dengan berbagai macam spot menarik. Tempat wisata Kebumen yang cocok untuk piknik bersama keluarga, nikmati keseruannya dan dapatkan sensasi perjalanan tak terlupakan. Refresh kepenatan jiwa dan raga yang bosan dan jenuh dengan sibuknya aktivitas sehari-hari di tempat ini bersam orang tercinta.

Selain menyuguhkan pesona keindahan alam, spot menarik dan wahana seru, Brujul Adventure Park dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti: Lokasi parkir kendaraan cukup luas, Warung jajanan wisata, Rumah makan, Coffe shop, Outbond ground, Camping area, Toilet umum, Mushola, Gazebo, Tempat duduk, Spot foto instagramable, Wahana permainan seru.

Taman Banyu Langit yang terletak di Dukuh Perkututan Desa Peniron, Kecamatan Pejagoan diresmikan pada 29 Desesmber 2018. Konsep taman bunga dengan latar belakang sawah terasering dan pegunungan melengkapi keindahan alam desa setempat. Sedikitnya ada tujuh tanaman bunga warna warni ditanam di tempat ini. Seperti tanaman magona, pagoda hingga suring.

Objek Wisata yang dikelola oleh BUMDES Sumber Makmur Desa Peniron itu juga menawarkan sejumlah situs. Seperti situs Watu Jaran, Watu Kembar, Watu Tumpang, Watu Gupit dan Watu Gamblok. Selain itu juga terdapat Pesanggrahan Eyang Astraguna, Goa Jlarang, Kali Pontoh hingga Lembah Watu Pecah. Fasilitas lainnya, terdapat tiga wahana kolam air yang dilengkapi dengan perahu bebek. Ada juga sungai berbatuan cadas yang dapat dimanfaatkan untuk mandi anak-anak menjadikan tempat ini cocok untuk liburan keluarga atau muda mudi.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *