Kajian Daya Dukung Dan Daya Tampung Sumbu Filosofi 2020

Kapasitas sebuah akomodasi wisata berupa infrastruktur mungkin lebih mudah diidentifikasi. Seperti misalnya kepadatan lalu lintas, tingkat hunian, panjang antrean untuk membeli tiket, maupun kerusakan jalan. Namun kapasitas daya tarik wisata berupa daya dukung sosial mungkin sangat sulit diindikasi. Kunjungan yang berlebih mungkin tidak hanya menimbulkan kekecewaan dilihat dari sudut pandang wisatawan, tetapi juga dari tuan rumah atau komunitas lokal di dalamnya. Misalnya seperti polusi udara maupun suara, estetika, sampah yang berlebihan, penggunaan air, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, dampak negatif hendaknya diidentifikasi sedini mungkin. Dampak negatif mungkin saja terjadi dalam bentuk marjinalisasi komunitas, degradasi lingkungan fisik, infrastruktur yang terlampaui daya dukungnya, keluhan dari komunitas lokal yang dalam hal ini tuan rumah, maupun lainnya. Setelahnya, diperlukan langkah tindakan koreksi dengan menggunakan indikator yang telah diseleksi sesuai dengan arah pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

Tujuan pelaksanaan kegiatan ‘Perencanaan Daya Dukung Kapasitas dan Daya Dukung Tampung Ruang Sumbu Filosofi’ ini adalah:

  • Menghitung daya dukung kapasistas dan ruang pada objek wisata yang masuk ke dalam sumbu filosofi Kota Yogyakarta
  • Merekomendasikan langkah-langkah strategis dan teknis pembangunan kepariwisataan di Kota Yogyakarta, khususnya pada objek wisata yang masuk ke dalam sumbu filosofi Kota Yogyakarta

Sementara hasil kajian perencanaan ini diharapkan dapat:

  • Menjadi acuan pelaksanaan pengelolaan destinasi
  • Berguna bagi pelaksanaan pemantauan dan evaluasi dari pemerintah
  • Menjadi bahan referensi pembuatan kebijakan pengelolaan kepariwisataan kawasan sumbu folosofi Kota Yogyakarta

PT Kirana Adhirajasa Indonesia, selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, demikian Kajian Daya Dukung Dan Daya Tampung Sumbu Filosofi ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata di Kota Yogyakarta. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kajian atau konsultasi Pariwisata dapat menghubungi Admin kami di 081215017910.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.