Kajian Museum Pleret

Kajian Museum Pleret – Museum Sejarah Purbakala Pleret merupakan salah satu museum sejarah di Pleret, Bantul, Yogyakarta. Koleksi pusaka pada Museum Sejarah Purbakala Pleret berupa benda-benda peninggalan zaman Kerajaan Mataram Islam. Adapun alasan Pleret sebagai lokasi museum ini dikarenakan dahulu Pleret merupakan kota kerajaan kedua dalam Kerajaan Mataram Islam sehingga kawasan ini banyak terdapat jejak-jejak peninggalan berupa pondasi benteng Keraton, beberapa potong sisa tanggul, umpak Masjid, pondasi bangunan, serta makam Ratu Malang dan Ki Dalang di Gunung Kelir. Oleh karena itu, Pleret ke depan akan menjadi salah satu kawasan penting dalam aspek tinjauan sejarah di D.I. Yogyakarta sehingga diharapkan dapat dipilih sebagai sentra Museum Sejarah Purbakala.

Pada hakikatnya, Museum Sejarah Purbakala memiliki potensi untuk menjadi Museum andalan di kawasan Pleret, akan tetapi pada kenyataannya tidak semua masyarakat mengetahui keberadaan tentang museum ini. Dengan minimnya informasi atau ketidaktahuan masyarakat tentang Museum Sejarah Purbakala secara tidak langsung dapat memberikan pengaruh terhadap jumlah pengunjung museum. Upaya peningkatan jumlah pengunjung museum perlu segera dilakukan, agar masyarakat lebih memahami akan sejarah kerajaan Mataram Islam dahulu. Salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung Museum Sejarah Purbakala dengan cara pengembangan bangunan museum.

Baca Juga : Grand Desain Pramuwisata Provinsi Jawa Tengah 2018

Upaya pengembangan dapat dilakukan salah satunya melalui pengoptimalan museum, dengan meletakkan aset pusaka budaya di museum agar dapat terjaga, lestari, dan menjadi sarana edukasi bagi generasi muda. Disamping itu pelestarian fungsi museum juga dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi serta sumber informasi. Agar mendapatkan informasi nyata tentang rencana pengembangan Museum Sejarah Purbakala, maka salah satu upaya yang harus dilakukan adalah melakukan kajian dalam hal pengembangan museum.

PT. Kirana Adhirajasa Indonesia, selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada semua pihak-pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan kajian pariwisata terkait Kajian Museum Pleret. Kajian ini diharapkan dapat menjadi salah satu pijakan bagi pemerintah D.I. Yogyakarta khususnya Dinas Kebudayaan dalam penentuan area pengembangan museum serta pengoptimalan jumlah pengunjung.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kajian atau konsultasi Pariwisata dapat menghubungi Admin kami di 081215017910

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.