Kesenian Khas Kabupaten Gunung Kidul, Tari Irengan Gunung Kidul

Tari Irengan Gunung Kidul, amat populer di Kabupaten Gunung Kidul. Seperti namanya, Irengan yang memiliki arti hitam para pemain irengan ini seluruh badan di balut dengan warna hitam mulai muka, badan, tangan, hingga kaki sehingga sangat sulit sekali untuk mengenali dari setiap pemain irengan ini walaupun kita sudah mengenal mereka. Tarian irengan di lengkapi dengan iringan gamelan seadanya mulai dari ketongan, gong dan juga kadang kendang yang kemudian pemainnya berjoget dengan sangat unik.

Pada jaman dahulu, seni tari irengan masih di selingi dengan atraksi kerasukan seperti halnya tari jathilan dan Angguk, namun seiring perkembangan jaman saat ini penari Irengan tidak lagi menampilkan adegan kerasukan namun hanya sesekali mengajak para penonton untuk menari bersama dan hal inilah yang menjadi tari irengan unik dan digemari di Gunung Kidul. Berikut tabel kelompok seni yang terdapat di Kabupaten Gunungkidul.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, kajian pariwisata, RIPPARDA, Bisnis Plan.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *