Melihat Profil Rintisan Kelurahan Budaya Prawirodirjan

Kelurahan Prawirodirjan yang beralamat di Jalan Ireda No. 39 merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kemantren Gondomanan Yogyakarta dengan luas 45 km2 dan terdiri dari 18 RW dan 61 RT dengan kepadatan penduduk 9.229 jiwa. Kelurahan Prawirodirjan terbagi menjadi 3 kampung yaitu Kampung Yudhonegaran, Kampung Sayidan dan Kampung Prawirodirjan. Batas wilayah Kelurahan Prawirodirjan antara lain sebagai berikut :

  • Utara : Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan mengikuti jalanĀ  PanembahanĀ  Senopati dan jalan Sultan Agung
  • Selatan : Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan mengikuti jalan Ireda
  • Barat : Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton mengikuti jalan Trikora
  • Timur : Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan mengikuti sungai Code

Kegiatan adat dan tradisi yang ada di Kelurahan Prawirodirjan antara lain Apeman dan Aqiqah. Apeman biasanya dilaksanakan saat Bulan Ruwah. Kegiatan ini bertujuan sebagai simbol meminta ampunan atau maaf kepada saudara dan tetangga sebelum memasuki bulan Ramadhan agar bersih dari kesalahan. Kegiatan aqiqah bertujuan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas kelahiran putra/putrinya dengan niat dan syarat-syarat tertentu sesuai dengan ketentuan Islam.

Untuk kesenian yang ada di Kelurahan Prawirodirjan antara lain seni tari Sanggar Tari Aruming Prawiro, seni musik Paguyuban Seni Gondolaras, Keroncong Damai Abadi, seni musik Gema Perwira dan seni tari Sanggar Tari Sekar Kinanti.

Cerita rakyat yang ada di Kelurahan Prawirodirjan antara lain asal usul penyebutan Kampung Yudhonegaran, asal penyebutan Kampung Sayidan dan asal penyebutan Kampung Prawirodirjan. Adapun untuk warisan budaya yang ada di Kelurahan Prawirodirjan antara lain Pemugaran Benteng Pojok Lor-Wetan, Ndalem Yudhonegaran, kantor pos dan Kelenteng Fuk Liung Miau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *