mostbet az casinolackyjetmostbet casinopin up azerbaycanpin up casino game

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office Department Melalui Tugas dan Tanggung Jawab Concierge Pada Hotel Savoy Homann

Kantor depan memiliki beberapa bagian salah satunya adalah concierge, pelayanan concierge yang profesional dapat memberikan kepuasan tamu dan menjadi pelanggan yang loyal.  Kedudukan concierge merupakan bagian penting di hotel, karena yang pertama kali menyambut tamu datang serta memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Hal   tersebut mengharuskan concierge mampu memastikan segala kebutuhan dan permintaan tamu terpenuhi serta memastikan setiap tamu memiliki pengalaman yang baik selama menginap di hotel. Concierge harus memiliki pengetahuan yang luas dan paham mengenai hotel maupun area di luar hotel.

Hotel merupakan sarana akomodasi yang banyak digunakan tamu baik tamu wisata maupun bisnis sebagai tempat menginap sekaligus menyediakan pelayanan makanan, minuman, serta fasilitas lainnya yang dibutuhkan oleh tamu yang menginap.Di  Hotel  berbintang,  seorang tamu (guest) akan mendapatkan semua kebutuhan yang diinginkan, karena semua Hotel umumnya memiliki fungsi yang sama, yaitu memuaskan kebutuhan tamunya. Departemen yangberhubungan   langsung dengan tamu adalahDepartment Front Office. Departemen ini berinteraksi langsung dengan para tamu yang datang khususnya di area lobby hotel.

Front office juga dikenal sebagai the first and the last impression of the guest. Artinya bagian inilah yang pertama dan yang terakhir dalam melayani tamu. Tamu datang ke hotel akan disambut dulu dibagian front office dan pada waktu check-out pun tamu harus berhubungan dengan staff di front office.  Jadi sudah sewajarnya bila kesan yang mendalam akan tercipta di front office. Kantor depan (front office) memiliki beberapa bagian salah satunya adalah concierge, pelayanan concierge yang professional dapat memberikan kepuasan tamu dan menjadi pelanggan yang loyal.

Tugas   dan   tanggung   jawab   petugas concierge yang paling utama adalah memastikan segala kebutuhan dan permintaan  setiap  tamu  bisa  terpenuhi, sehingga tamu     tersebut     memiliki kenangan   yang   baik   selama   mereka menginap. Concierge sangat dibutuhkan  terhadap  pelayanan  barang bawaan  tamu  saat  tiba  di  hotel  (check in)  sampai  meninggalkan  hotel (check out). Pelaksanaan  tugas  dan  tanggung jawab concierge harus  sesuai  standar operasional prosedur. Sangatlah penting bekerja sesuai dengan standar operasional  prosedur  agar  tidak  terjadi kesalahan  yang  berpengaruh  terhadap kualitas    pelayanan    dan    operasional hotel.

Pelayanan conciergeakan    menjadi lebih   baik,   bila   dapat   mengerjakan sesuai    standar    operational    prosedur yang  berlaku,  dan  memaksimalkannya dengan    kinerja    yang    loyal,    seperti menawarkan promosi yang berlangsung di hotel sebagai up selling, yang bertujuan untuk meningkatkan profit perusahaan. Kurangnya  koordinasi  antara concierge dengan  tamu  menjadi  kendala  utama yang  dihadapi.  Meningkatkan  kualitas pelayanan dengan membangun komunikasi yang baik dengan tamu menjadi solusi untuk setiap kendala yang  dihadapi oleh concierge di  Hotel Savoy Homann Bandung.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.