Profil Demografi Wisatawan Nusantara Yang Berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2022

Daerah Istimewa Yogyakarta di dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah 2005-2025 mencanangkan visi sebagai pusat pendidikan, budaya, dan daerah tujuan wisata terkemuka di Asia Tenggara dalam lingkungan masyarakat yang maju, mandiri, dan sejahtera. Salah satu penjabaran dari visi pembangunan jangka panjang DIY tersebut adalah sasaran pembangunan di bidang wisata, yang mencakup (1) munculnya berbagai inovasi penciptaan berbagai jenis produk wisata, (2) tersedianya fasilitas pendukung objek dan daya tarik wisata, (3) meningkatnya kualitas paket wisata yang variatif, baik yang secara sinergis dan terintegrasi oleh pemerintah dan/atau oleh pelaku wisata, (4) meningkatnya kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara, dan (5) meningkatnya kesejahteraan masyarakat lokal di sekitar potensi DTW.

Tren baru wisatawan nusantara yang berkunjung ke DIY untuk segmen tradisional dengan kemasan berkelas didominasi oleh wisatawan menengah keatas dengan rata-rata usia lebih dari tahun 35 tahun yang mempunyai pekerjaan secara profesional dan berasal dari kota-kota besar, seperti Jakarta dengan karakteristik psikografis menyukai nilai tradisional dengnan kemasan berkelas. Salah satu pola perjalanan yang dikunjungi wisatawan nusantara pada segmen ini, yaitu Omah Kecebong – Balkondes.

Berikutnya untuk segmen staycation/rest & relaxation didominasi oleh kalangan kelas menengah dengan rentang usia 25-35 tahun yang bekerja di swasta dan berasal dari kota-kota besar, contohnya Surabaya. Segmen ini lebih menyukai suasana santai dan mengutamakan belanja serta lebih memilih tinggal di hotel yang berdekatan dengan tempat perbelanjaan/mall. Adapula segmen MICE profesi dengan didominasi kelas menengah yang berusia rata-rata lebih dari 30 tahun dengan latar belakang pekerjaan secara professional serta berasal dari kota besar,  yaitu Surabaya dan Jakarta. Pola perjalanan untuk wisatawan nusantara dengan segmen MICE adalah toko – pasar – tempat kuliner.

PT. Kirana Adhirajasa Indonesia, selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Yogyakarta dan semua pihak, atas kepercayaan dan kerjasamanya sehingga terselesaikannya salah satu kajian pariwisata terkait Analisis Kunjungan Wisatawan DIY Tahun 2022. Kami berharap semoga kajian ini bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam bidang pariwisata di Kota Yogyakarta.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kajian atau konsultasi Pariwisata dapat menghubungi Admin kami di 081215017910

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.