Skala Likert semakin memperoleh tempat di kalangan peneliti yang berkeinginan untuk mengukur sikap seseorang terhadap sesuatu (Neuman, 2011; Pituch & Stevens, 2016). Untuk bidang pariwisata, kuesioner Skala Likert banyak digunakan dalam berbagai topik penelitian. Berdasarkan penelusuran secara daring terhadap kalimat “The use of Liker Scale Questionaire in Tourism Research”, ditemukan bahwa instrumen inibanyak digunakan untuk meneliti mengenai sikap, yang berkaitan dengan motivasi wisatawan, daya dukung pariwisata (carrying capacity), persepsi wisatawan, persepsi masyarakat lokal, destination image, destination loyalty, persepsi terhadap dampak pariwisata, visitor satisfaction, kualitas pelayanan, pemasaran pariwisata, travel planning, memorable tourism experience, serta pada masa pandemi ini, untuk meneliti mengenai Covid-19 dari sudut pandang pariwisata.
Selain untuk meneliti mengenai sikap (attitude) secara langsung, dalam ilmu pariwisata, Skala Likert juga sering menjadi dasar untuk menyusun sebuah skala secara spesifik. Hal ini dapat kita lihat misalnya dalam tulisan (Huang, 2020), yang berusaha menunjukkan efektifitas penggunaan Skala Persepsi (Self Perception) yang disusun berdasarkan Skala Likert. Contoh lain adalah penyusunan SUS-TAS, yang merupakan skala khusus untuk mengukur persepsi masyarakat lokal terhadap Sustainable Tourism Development. SUS-TAS didesain untuk mampu secara valid mengukur sikap masyarakat dengan cara mengintegrasikan 6 variabel Sustainable Tourism Development ke dalam pernyataannya, yaitu manfaat ekonomi, dampak sosial budaya, manfaat bagi masyarakat, kepuasan pengunjung, keberlanjutan lingkungan dan partisipasi masyarakat (Hwan-Suk & Sirikya 2005). Dalam bidang Memorable Tourism Experience, Skala Likert menjadi dasar bagi (Kim dkk, 2012) untuk menyusun Memorable Tourism Experience Scale (MTE Scale), dengan mengikuti prosedur penyusunan instrumen pengukuran.
Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.
Kata kunci: Konsultan pariwisata, kajian pariwisata, RIPPARDA, Bisnis Plan.
Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470.
No responses yet