mostbet az casinolackyjetmostbet casinopin up azerbaycanpin up casino game

Strategi Pemasaran Shaba Outbound dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan

Wisata Shaba Outbound terletak di Dusun Karanggeneng, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Shaba Outbound merupakan salah satu   provider lokasi kegiatan Outbound, dengan mengedepankan kekuatan alam dan topografi tanah dalam berbagai dimensi kegiatan tanpa mengabaikan unsur safety yang terus menerus dijaga demi keamanan dan kenyamanan seluruh pengunjung. Shaba Outbound memiliki paket unggulan untuk menunjang minat kunjungan wisatawan. Shaba Outbound memiliki wahana Outbound yang menarik, dan didukung dengan adanya pemandu Outbound menarik. ShabaOutboundberadadidusunKaranggeneng Purwobinangun Pakem Sleman Yogyakarta, berada    di ketinggian ± 500-700 MDPL disebelah    selatan    lereng gunung Merapi. Akses jalan menuju Sekolah Alam Shaba sebagai berikut: Dari Monjali (Monumen Jogja Kembali) keutara ±10 km sampai di perempatan dusun Balong, di perempatan tersebut belok kiri sampai pada pertigaan dusun Kadilobo belok kanan (ke utara) kemudian sampai dipertigaan dusun Karanggeneng belok kiri ±1 km sampai dilokasi Sekolah Alam Shaba.

Segmen pasar (segmentation) yang masuk di Shaba Outbound dalam   jangka waktu satu bulan adalah rombongan anak sekolah, Perguruan Tinggi dan rombongan warga Desa. Pengunjung dengan skala kunjungan paling tinggi dan yang mendominasi di Shaba Outbound adalahanaksekolah dan Perguruan Tinggi. Dengan demikian, daya tarik dan atraksi yang ada di Shaba Outbound dibutuhkan dan diminati oleh segmen pasar (segmentation) terutama rombongan anak sekolah dan Mahasiswa Perguruan Tinggi. Diantara peluang segmen pasar (segmentation) berdasarkan daftar rombongan pengunjung pada bulan Februari 2018 diatas yang paling tepat untuk dijadikan sasaran target pasar (targeting) target pasar anak sekolah diwilayah Yogyakarta maupun luar Yogyakarta. Karena dengan segala daya tarik edukasi yang   ditawarkan oleh Shaba Outbound merupakan suatu kebutuhan dan kewajiban para siswa sekolah sebagai generasi muda   untuk membentuk karakter diri sejak dini.

Memposisikan pasar (positioning) Shaba Outbound ini dibenak pengunjung atau wisatawan. Citra atau image yang ingin ditanamkan Shaba Outbound dibenak pasar yaitu “Objek Wisata Edukatif”. Hal tersebut dengan maksud yaitu ingin menempatkan pemosisian produk daya tarik Outbound ini agar dipresepsi berbeda dari para pesaing atau Desa wisata lainnya. Dan tentunya Shaba Outbound ini konsepnya berbeda yaitu dalam mengemas kegiatan outbound di   alam terbuka sehingga mendukung kegiatan outbound yang sejuk dan asri. Dengan konsep   seperti itu maka Shaba Outbound menghasilkan keunggulan dan dipersepsi berbeda dibenak target pasar dari Desa Outbound lain. Sehingga Shaba Outbound menempatkan pemposisian produknya secara jelas dan berbeda diantara pesaing atau Desa Wisata lain.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, penelitian pariwisata, kajian pariwisata

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + 18 =

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.