Alih Aksara Dan Alih Bahasa Naskah Kuno; Sêmboja(Plumeria)

Jamu sakit busung. Pohon Kamboja kebanyakan ditanam orang Jawa di kuburan. Ada dua jenis Kamboja:

  1. Berbunga putih
  2. Berbunga kuning tua.

Kamboja berbunga putih umum diketahui dan dapat tumbuh di segala tempat. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat sakit busung. Gunakan cara seperti tersebut di bawah ini untuk pengobatannya. 3 buah babakan Kamboja sepanjang satu jari dengan lebar dua jari direbus dalam air dua gêlas tepok, sisakan segelas, hari pertama berikan sagêlas bitêr, hari kedua dua gelas, hari ke tiga, tiga gelas. Demikian selanjutnya hingga hari ke 15, sehingga dalam lima belas hari minum lima belas gelas biter. Oleh karena itu rebuslah ramuan ini yang banyak karena sekali rebusan hanya akan mendapatkan 12 gêlas bitêr. Jamu ini dapat disimpan selama dua hari apabila selalu dipanaskan. Setelah 15 hari, berikutnya dikurangi menjadi 14, 13 dan seterusnya hingga tinggal segelas. Orang yang sedang minum jamu ini tidak boleh makan makanan yang pedas dan asam. seperti cabai, mostêr, atau merica, selama tiga bulan. Jamu ini diminum disaat sudah dingin (tidak suam suam kuku).

Babakan kamboja ini juga dapat digunakan untuk mengobat orang yang sulit buang air kecil karena sakit bêngang kapal (sipilis), yang tidak dapat buang air kecil, juga diberikan jamu ini. Segenggam babakan Kambojo, direbus dalam 2 botol air, sisakan sebotol. Jamu ini segera di dinginkan, masukkan dalam botol untuk diminum ketika berada di kapal (perjalanan?), apabila senang bepergian lebih baik selalu menyediakan babakan Kamboja kering.

Getah Kamboja juga dapat digunakan untuk mematangkan bisul, serta juga sakit bengkak yang mengandung nanah. Anak anak seringkali sakit tanpa diketahui sebabnya pada kaki yang disebut keseleo, borehkan getah kamboja ini diamkan selama sehari semalam setelah itu cuci hingga bersih, sembari diberikan minyak kelapa, setelah itu dibilas dengan air suam suam kuku. Apabila memang ada otot yang keseleo maka getah Kamboja tersebut akan menunjukan bagian yang keseleo dengan garis merah muda disepanjang otot. Apabila mengandung darah juga akan tampak jelas. Apabila akan menjadi bisul juga akan tampak, bagian merah muda tadi akan menjadi bundar yang tampak sangat jelas.

Saya dapat menceritakan hal ini karena saya telah mencobanya sendiri kepada anak saya. Salah seorang anak saya ada yang menginjak kaca tipis, saya kira benda itu telah dapat keluar. Setelah beberapa hari kakinya menjadi bengkak dan saya tidak dapat mengetahui apa yang terdapat pada kakinya, maka saya boreh kakinya dengan getah Kamboja. Setelah duabelas jam menjadi jelas apa yang ada di dalam kakinya. Orang Jawa juga sering menggunakan getah Kamboja ini untuk “menanggalkan” geraham yang kerowok, namun apabila penggunaannya tidak hati-hati akan menyebabkan gigi yang sehat juga menjadi tanggal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *