Alih Aksara Dan Alih Bahasa Naskah Kuno; Sêmbung (Blumea Balsamifera)

Sembung digunakan untuk  obat panas, malaria dan lain lainnya. Tanaman Sêmbung tumbuh di ladang, berkhasiat untuk mengeluarkan keringat, apabila perut terasa mulas akan menjadi sembuh setelah minum ramuan sembung ini. Daun ini juga baik untuk menghilangkan dingin, 5-7 lembar daun Sembung direbus untuk minuman tambah gula batu dalam secangkir air sisakan separuhnya. Saya juga menyebutkan bahwa daun sembung ini baik untuk merendam kaki.

Penderita Malaria akan dapat sembuh dengan pengobatan daun Sêmbung ini. Bukan saja karena minum ramuan jamunya setiap hari, akan tetapi juga karena keringat yang keluar setelah minum rebusan daun Sembung itu. Adapun cara saya membuat jamunya adalah sebagai berikut; Rebusan daun Sêmbung kira kira 1 pon tuang dalam tempat yang cukup untuk penderita berdiri di atasnya. Cukup gunakan baju hangat yang tebal hingga menutup seluruh tubuh, tutupi pula bagian kepala hingga rapat. Tutup semua pintu dan jendela hingga rapat karena uap air dari kukusan itu jangan sampai keluar. Lakukan “sauna” ini selama 8-10 menit.

Cara lain untuk mandi uap dengan daun Sembung adalah sebagai berikut : Ambil tempat mencuci muka berisi daun sembung serta air yang panas sekali, tempatkan dalam patiman sebisa mungkin dekat dengan penderita sakit.  Tutup rapat tempat cuci muka dan si sakit hingga tidak ada uap air yang keluar. Hawa dari daun Sembung ini juga baik untuk si sakit, gantung daun Sembung di sekeliling kamar si sakit. Apabila mandi uap harus hati hati agar jangan sampai terkena hawa dingin atau masuk angin, tutup rapat seluruh tubuh jangan banyak bergerak hingga keringat mengucur habis, setelah itu bersihkan badan namun usahakan kamar selalu tertutup. Seduhan daun Sêmbung dengan 4-5 tetes minyak pêrmèn sangat baik untuk penderita Kolera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *