Batik Batara Yama

Dewa Yama merupakan dewa yang disimbolkan sebagai penjaga negara agung dalam ajaran Asthabrata. Pekerjaan Dewa Yama adalah selalu menindak seluruh pelaku kejahatan tanpa pandang bulu meskipun terhadap kerabat sendiri. Siapapun yang terbukti melakukan kesalahan maka harus diberikan hukuman. Dewa Yama juga bekerja melacak segala pelaku kejahatan kemanapun bersembunyi dan menghabisinya sampai benar-benar habis walaupun dengan cara membunuhnya demi menjaga keamanan negara. Bahkan terhadap segala sesuatu yang berpotensi menimbulkan kejahatan dan kerusuhan pada negara diusir dari negara tersebut.

Seorang pemimpin juga disyaratkan untuk bersifat adil dan memiliki ketegasan dalam menegakkan hukum. Semua jenis kejahatan baik kecil maupun besar akan ditimbangnya secara adil. Hal itu juga meliputi kejahatan yang dilakukan secara fisik (dengan kekerasan) dan kejahatan intelektual. Dia akan menerapkan hukumnya bahkan sampai pada anggota keluarganya. Tidak ada orang yang bisa lolos dari jerat hokum jika dia melakukan kesalahan. Oleh karena itu, terus-menerus dilakukan upaya untuk memburu para pejahat; penjara pun dibuka lebar untuk menghukum para penjahat.  Meskipun dia sangat tegas dalam menjatuhkan hukuman, dia akan mengampuni para penjahat yang telah menjalani hukuman dan berjanji tidak akan melakukan kejahatan lagi. Akan tetapi, jika penjahat itu mengingkari janjinya, hukuman mati disiapkan untuk mereka.

Menurut buku Ajaran Kepemimpinan Asthabrata Kadipaten Pakualaman (2016:12) terdapat visualisasi dari Batara Yama, sebagai berikut:


Gambar Batara Yama

Sumber: Capture dari Ajaran Kepemimpinan Asthabrata Kadipaten Pakualaman (2016:13)

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, kajian pariwisata, RIPPARDA, Bisnis Plan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *