Budaya Kalang Kotagede Masa Pendudukan Jepang

Masa Jepang mulai mendarat di Jawa pada tanggal 1 Maret 1942, dan hanya membutuhkan waktu satu minggu untuk memaksa pemerintah Hindia Belanda menyerah. Kehadiran Jepang ini mula-pula disambut gegap gempita sebagai Saudara Tua oleh Bangsa Indonesia. Namun ternyata kekejaman Jepang lebih besar daripada Belanda.

Pada masa pendudukan Jepang, keluarga Kalang terutama Keluarga Prawirosuwarno mengungsi dari Tegalgendu menuju sebuah dusun yang jaraknya  sekitar 10 Km dari Kotagede. Harta bendanya dijarah penduduk. Harta yang berupa emas dan berlian yang dititipkan orang asing untuk diselamatkan ke Amerika Serikat, tidak bisa diambil kembali ketika perang usai. Namun demikian kegigihan Wong Kalang ini sangat istimewa, sehingga mereka tetap mampu bertahan.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, kajian pariwisata, RIPPARDA, Bisnis Plan.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *