Dampak Pengembangan Pariwisata di Desa Wisata Wukirsari

Potensi desa menjadi salah satu kunci dapat berkembangnya menjadi desa wisata. Partisipasi desa dalam meramaikan sektor pariwisata menjadi nilai lebih yang dapat menguntungkan perekonomian masyarakat lokal. Salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Bantul adalah Desa Wisata Wukirsari. Desa Wukirsari berada di Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Desa Wukirsari mempunyai luas wilayah 15.385.504 dan dengan jumlah penduduk sebanyak 17.245 dan terdapat 16 pedukuhan. Desa wisata Wukirsari memiliki berbagai potensi yang mendukung untuk dijadikan sebagai desa wisata. Sejak diresmikan sebagai desa wisata pada tahun 2010 desa wisata mulai berkembang hingga saat ini. Adanya kerajinan yang turun-temurun seperti pembuatan wayang kulit, batik tulis, kerajinan bambu, makam raja-raja dan wisata kuliner bisa menjadikan modal yang bagus untuk terbentuk nya desa wisata sebagai sustainable tourism development.

Dampak pengembangan desa wisata terhadap kesempatan kerja di Desa Wukirsari yaitu, masyarakat sekitar obyek wisata mendapatkan kesempatan dalam mengelola desa wisata bersama sesuai dengan kemampuan SDM masing-masing. Sehingga mulai dari pemuda-pemuda hingga bapak-bapak mendapatkan hak yang sama. Terutama para pengrajin yang mendapatkan pekerjaan tambahan menjadi pendamping wisata di saat ada pengunjung. Maka dari itu dengan adanya desa wisata dapat menyerap pengangguran masyarakat lokal. Selain masyarakat yang turut berperan aktif dalam mengelola obyek wisata dan para pengrajin yang memanfaatkan keahliannya untuk menjadi pemandu wisata untuk mendapatkan keuntungan dengan jalannya pariwisata yang ada. Masyarakat awam sekitar pun juga dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang-orang sekitar maupun membuka usaha untuk dirinya sendiri dengan membuka warung ataupun toko. Sehingga dengan adanya desa wisata tersebut, yang sebenarnya diuntungkan adalah masyarakat sekitar, karena adanya pengembangan desa wisata memang untuk mengembangkan perekonomian kemandirian desa.

Desa Wisata Wukirsari juga memiliki fasilitas-fasilitas yang baik guna memenuhi kebutuhan pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut dibangun untuk memaksimalkan pengembangan desa wisata agar mempermudah pengelola menjalankan desa wisata tersebut. Agar pengunjung merasa nyaman dan senang saat berwisata tentunya fasilitas-fasilitas yang ada harus lengkap dan dalam kondisi yang baik. Karena salah satu komponen penting dalam mengelola desa wisata adalah adanya fasilitas yang memadai.

Keuntungan yang didapatkan masyarakat dari ikut dalam berpartisipasinya pengembangan desa wisata mendatangkan manfaat. Masyarakat dapat menjual hasil kerajinannya maupun souvenirsouvenir dengan mudah memasarkannya. Di desa Wukirsari sendiri memiliki sebuah showroom yang berfungsi untuk memajang berbagai hasil kerajinan untuk dijual. Untuk memperlancar pemasaran desa wisata diperlukan usaha-usaha untuk mengembangkan tingkat penjualan tiket maupun produk. Sehingga masyarakat yang bekerja sebagai pengrajin mempunyai peluang baru di sektor wisata.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.