mostbet az casinolackyjetmostbet casinopin up azerbaycanpin up casino game

Destination Image Taman Safari Bogor

Destination image yang positif akan memberikan keyakinan kepada wisatawan untuk melakukan kunjungan kembali pada destinasi wisata tersebut, sebaliknya pencitraan yang buruk akan membuat destinasi pariwisata menjadi terpuruk (Indira et al., 2013). Dalam pandangan masyarakat, Taman Safari Bogor merupakan salah satu ecotourism terbaik di Indonesia. Karena selain menjadi area rekreasi, destinasi wisata ini termasuk dalam lembaga konservasi satwa yang diperuntukkan pula sebagai media edukasi kepada masyarakat luas tentang keberlangsungan habitat berbagai satwa di alam bebas yang populasinya kian menurun setiap tahunnya.

Alasan lain yang dapat mempengaruhi niat kunjungan kembali Taman Safari Bogor adalah tourism attributes yang dimiliki oleh Taman Safari Bogor. Tourism attributes adalah unsur-unsur produk yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian (Aprisilya, 2016). Tourism attributes merupakan motivasi penting untuk wisatawan dalam mengunjungi suatu tempat wisata. Terdapat beberapa indikator tourism attributes, yaitu atraksi, kemudahan untuk dicapai, harga, akomodasi, dan souvenir (Agung, Tamba, & Suryawathy, 2015).

Salah satu bentuk tourism attributes yang dimiliki Taman Safari Bogor adalah area Baby Zoo sebagai sebuah atraksi. Baby Zoo merupakan kawasan seperti kebun binatang mini yang berisikan anak dari satwa-satwa di Taman Safari Bogor, seperti bayi Harimau Sumatera dan bayi Orang Utan. Di area Baby Zoo ini pula, wisatawan dapat berfoto dan berinterkasi dengan bayi-bayi satwa tersebut dan menikmati berbagai macam pertunjukkan satwa dan fasilitas permainan yang menghibur juga mendidik. Dengan kata lain, area Baby Zoo ini merupakan tempat dimana Taman Safari Bogor memiliki peran sebagai lembaga konservasi yang berhasil turut andil dalam melestarikan satwa-satwa yang ada di Indonesia.

Selain destination image dan tourism attributes, memorable tourism experience juga merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi niat kunjungan kembali ke Taman Safari Bogor. Karena pengalaman berkunjung juga dapat mencerminkan dan memiliki pengaruh terhadap kunjungan di masa yang akan datang (Park dan Santos, 2016). Memorable tourism experience merupakan pengalaman yang berkesan yang diingat dan dibangun oleh turis saat mendeskripsikan suatu pengalaman spesifik dalam mengunjungi suatu tempat wisata (Zhang et al., 2018).

Taman Safari Bogor menawarkan pengalaman berbeda dari tempat wisata lainnya. Di Taman Safari Bogor, wisawatan dapat merasakan lebih dekat dengan alam di kawasan Safari Track. Wisatawan memiliki dua opsi dalam menempuh kawasan Safari Track, yaitu dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menggunakan karavan yang disediakan oleh pihak Taman Safari Bogor. Wisatawan dapat secara langsung berinteraksi dengan satwa-satwa yang menyambut kedatangan mereka di kawasan Safari Track, inilah yang nantinya menjadi pengalaman berbeda yang didapatkan apabila mengunjungi Taman Safari Bogor dibandingkan tempat wisata lainnya. Dengan pengalaman berkunjung berkesan yang dirasakan wisatawa, diharapkan dapat meningkatkan niat kunjungan kembali para wisatawan ke suatu tempat destinasi.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *