Ruang Lingkup Sosiologi Pariwisata

Lingkup Sosiologi Pariwisata Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial manusia. Sedangkan Pariwisata sebagai ilmu membahas tentang kompleksitas aktivitas kelembagaan dari obyek wisata sehubungan dengan perjalanan wisata. Sosiologi pariwisata adalah salah satu disiplin sosiologi membahas aktivitas dan hubungan sosial di sektor pariwisata, yaitu orang sebagai kelompok pariwisata, organisasi maupun badan usaha kepariwisataan, kelembagaan pemerintah dan mobilitas sosial sehubungan dengan daya tarik obyek wisata.

Sosiologi pariwisata sebagai studi tentang individu dan masyarakat, organisasi serta lembaga sosial yang berhubungan dengan layanan kebutuhan perjalanan wisata bagi wisatawan dan kegiatan kepariwisataan. Sosiologi Pariwisata secara umum memandang kepariwisataan sebagai aktivitas kelompok penjual jasa, aktivitas kelompok perjalanan wisata demokratis dan aktivitas bersantai dari orang modern (Cohen, 1979). Ketiga penekanan pandangan penilaian itu dipengaruhi oleh sudut pandang keilmuan sosiologi. Sudut pandang keilmuan sosiologi pariwisata yang bertitik pijak pada kerangka pemikiran, diantaranya pada paradigma positivistik dan paradigma fenomenologi.

Baca juga : Sekilas tentang Warisan Arsitektur yang Dipengaruhi Hindu

Paradigma Kajian Sosiologi Pariwisata bertitik pijak pada kerangka paradigma positivistik dan fenomenologi. Sebagai sebuah disiplin ilmu, sosiologi pariwisata berfokus dalam membahas individu, masyarakat, organisasi serta Lembaga sosial yang

berhubungan dengan layanan wisata, wisatawan dan kegiatan kepariwisataan. Kajian Sosiologi Pariwisata bisa memperkaya khasanah penjelasan sistem pariwisata,kajian sosiologi pariwisata dapat sebagai tinjauan bagi pihak berkepentingan dalam pembangunan pariwisata.

Lingkup Sosiologi Pariwisata – Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *