Festival Budaya Isen Mulang

Kegiatan festival budaya Isen Mulang merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi Kalimantan Tengah sebagai rangkaian memperingati hari jadi provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan festival budaya isen mulang ini melibatkan seluruh kabupaten yang tersebar di kalimantan Tengah, yakni terdapat 13 kabupaten dan satu kota yaitu Palangka Raya. Seluruh kabupaten dan kota menampilkan karya seni budaya baik dalam bentuk trai-tarian, musik, dan karya seni terapan masing-masing dalam festival ini.

Kegiatan festival isen mulang sudah dimulai sejak 1993. Awaknya festival budaya isen mulang hanya diisi dengan konsep acara yang sederhana dan beberapa lomba kecil-kecilan, tetapi seiring berkembangnya jaman festival budaya isen mulang kini menjadi sebuah pagelaran pentas budaya yang menarik dan sayang untuk dilewatkan, karena menampilkan beranekaragam bentuk kesenian daerah.

Kegiatan festival budaya isen mulang merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemprov Kalimantan Tengah dan telah masuk sebagai salah satu agenda tahunan Dinas Pariwisata Palangka Raya. Dalam kegiatan festival Budaya isen mulang tahun 2022 menyelenggarakan berbagai macam lomba untuk memeriahkan acara tersebut antara lain: karungut, maneweng, manetek tuntang manyila kayu, habayang, sepak sawut, mangenta, balogo, jukung tradisional, lagu daerah, malamang, lawang sekepeng, besei kambe, manyipet, mangaruhi, tari daerah dan bawi nyai kalimantan tengah tahun 2022. Festival ini ditutup dengan hasil karya serta upaya seluruh peserta dari berbagai kabupaten yang ikut serta mengambil bagian dalam penyelenggaraan festival budaya isen mulang.

Festival budaya ini menjadi pengejewantahan dari komitmen pemerintah Kalimantan Tengah dan seluruh elemen masyarakat dalam upaya melestarikan nilai-nilai luhur budaya, agarĀ  tetap terjaga dan tidak terkikis oleh arus modernisasi saat ini yang tidak dapat dibendung. Sehingga pelestarian seni budaya diharapkan mampu menjembatani dan menjadi suatu perekat keberagaman dan kemajemukan di bumi isen mulang.

Festival budaya ini sukses membuat para pengunjung atau wisatawan kagum dengan kekayaan budaya yang dimilik i oleh Provinsi Kalimantan Tengah, secara tidak langsung telah menyita perhatian banyak kalangan dan berhasil menghidupakn kembali sektor pariwisata budaya dan memberikan dampak positif terhadap regional dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *