Kue Tradisional Pukis Menjadi Peminat Wisata di Purwokerto

Pukis adalah  kue  tradisional  dengan  aroma  dan  rasa  yang  manis  serta  gurih.  Pukis terbuat  dari  tepung  terigu,  gula,  susu,  santan,  telur,  ragi,  mentega  cair,  soda  kue,  dan garam.  Kesemua bahan-bahan tadi lalu dicampurkan dan diaduk  hingga  menjadi  adonan yang  dapat  dituangkan.  Adonan yang telah siap  tadi,  lalu  dimasak  dengan  menggunakan cetakan khusus yang terbuat dari bahan logam di atas kompor dengan api kecil. Sebelum adonan  dituangkan  ke  dalam  cetakan,  maka  cetakan  harus  diolesi  oleh  mentega  terlebih dahulu agar tidak lengket. Kemudian adonan yang telah dituangkan ke dalam cetakan tadi dimasak dengan api kecil selama kurang lebih 30 menit hingga matang.

Saat menuangkan adonan pukis  ke  dalam  cetakan,  pastikan  adonan  hanya  ¾  volume  cetakan  agar  tidak tumpah  dikarenakan  proses  pengembangan  yang  terjadi  pada  adonan  saat  dimasak. Adonan kue pukis di dalam cetakan tersebut dimasak dengan menggunakan penutup yang terbuat  dari  bahan  logam  di  atasnya,  hal  itu  dilakukan  agar  kue  pukis  yang  sedang dimasak,  menjadi  lebih  cepat  matang  hingga  ke  bagian  dalam.  Saat  kue  pukis  hampir matang,  tepatnya  ketika  bagian  atasnya  masih  agak  basah,  kue  pukis  tersebut  diberi taburan  keju  atau  cokelat  sesuai  pesanan pengunjung,  setelah  itu  proses  pemasakan kembali dilanjutkan hingga kue pukis matang sempurna. Pukis dapat dikategorikan sebagai kue  tradisional  karena  ciri-ciri  dari  kue  tradisional  adalah,  di  dalam  proses  pembuatannya banyak menggunakan alat-alat sederhana yang masih tradisional.

Selain itu dalam proses pembuatannya yang sederhana, kue tradisional banyak menggunakan bahan-bahan  baku lokal  yang  ada  di  sekitaran.  Resep yang digunakan dalam kue tradisional biasanya berdasarkan selera  masyarakat  lokal.  Prosespembuatannya pun seringkali menggunakan tangan, mulai dari mencampur, mengaduk, dan membuat adonan. Secara filosofis pukis  merupakan  makanan  yang  sarat  nilai-nilaiperjuangan  karena berdasarkan  sejarahnya,  pukis  merupakan  kue  yang  muncul  pada  saat  jamanpenjajahan Jepang,  di  mana  ketikaitu  seorang  tahanan  penjajah Jepangyang  berasal  dari  daerah sekitar Karesidenan Banyumas di  Jawa  Tengah  yang dipekerjakan  untukmembuat makanan  dan kue-kue,  berhasil  melarikan  diri  dengan  membawa  resep  kue  dari  penjajah Jepangtersebut dan  kemudian  dia  gunakan  untuk  berjualan  demi  memenuhi  kebutuhan hidupnya hingga akhirnya kue yang kini kita kenal dengan nama pukis ini menjadi terkenal karena banyak diminati dan digemari oleh para konsumen.

Pukis adalah salah satu kue tradisional khas Purwokertoyang dapat dikonsumsi sebagai makanan ringan saat sarapan  di  pagi  hari,  atau  dapat  juga  menjadi  makanan  ringan  saat  menyelenggarakan kegiatan rapat, hajatan, syukuran, ataupun sebagai hidangan pendamping minum teh dan kopi di sore hari. Pukis juga bisa dijadikan oleh-oleh  untuk dibawa pulang ke tempat asal saat wisatawan berkunjung dan berwisata di kota Purwokerto. Pukis dapat dengan mudah ditemukan  di  beberapa  tempat  di  seputaran  kota Purwokerto.  Pukis  dapat  dibeli  pada pedagang  kaki  lima  di  pinggir  jalan  seperti  di  samping  masjid  agung Purwokertodan  di daerah  Pancurawis,  ataupun  di  pasar-pasar  tradisional  seperti  di  pasar  Sokaraja,  Pasar minggon,  pasar  Ajibarang  dan  pasar  Manis.  Salah  satu  kue  pukis  yang  cukup  terkenal adalah kue pukis Mannayang terletak di kawasan kebon dalem kota Purwokerto.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, penelitian pariwisata, kajian pariwisata

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *