Mengenal Atap Dak Beton

Struktur atap dak beton saat ini mulai populer seiring dengan semakin banyaknya bangunan berbentuk ruko. Bahkan rumah hunian biasa juga mulai menggunakan atap yang datar dan terbuat dari beton ini. dak beton adalah pembatas atau panel lantai yang terbuat cor beton. Mengingat peran dak terbilang penting terutama jika Pins ingin menambah lantai, maka pembuatannya harus tepat agar daya tahan bangunan jadi lebih terjamin. Dak beton secara umum dibuat dengan cara konvensional yaitu memakai cor beton atau sistem pabrikasi. Sebagai pelat pembatas antara lantai rumah, pembuatan dak beton yang benar sangat penting dan wajib diperhatikan secara teliti. Dengan pembuatan dak beton yang baik, daya tahan rumah bagi dan kualitas bangunan juga semakin terjamin.

Terdapat 4 kriteria yang harus dipenuhi oleh dak beton yang baik, hal tersebut adalah:

  • Solid atau kuat untuk menahan beban dan berat tanpa kendala.
  • Pengerjaan yang halus dan rata, agar bisa meningkatkan estetika rumah secara keseluruhan.
  • Efisien dalam pembangunan agar hasilnya tidak mudah retak atau keropos. Hal ini karena dak beton memiliki sifat imperiabel, maksudnya dak beton tergolong memiliki sifat tidak dapat dilewati oleh air lantaran tidak memiliki pori-pori
  • Ekonomis karena menjadi salah satu elemen konstruksi yang tidak memerlukan biaya yang besar.

Tips membuat atap dak beton

  • Hitung terlebih dahulu dimensi dan jumlah besi tulangan yang pas untuk membuat dak beton sesuai ukuran ruangan. Penggunaan besi yang berlebihan tidak dianjurkan karena malah akan menambah bobot struktur dan boros biaya pembuatan.
  • Ketebalan dak beton harus cukup untuk menahan gaya tekan. Umumnya dak lantai beton dibuat dengan ketebalan 12 cm, sedangkan untuk atap dak beton rata-rata menggunakan ketebalan minimal 8 cm.
  • Menyesuaikan antara kualitas dak beton dengan kebutuhan struktur, terutama untuk benda-benda yang akan diletakkan dalam ukuran bobot yang tidak lazim. Misalnya jika ada penambahan brankas pada titik- titik tertentu di lantai atas, maka harus dipertimbangkan.
  • Perhatikan pengadukan bahan supaya benar-benar homogen (merata). Komposisi bahan adukan tidak terlalu cair ataupun kental, dan tidak muncul segregasi atau butiran terpisah yang berpengaruh pada kualitas pengerjaan dak beton nantinya.
  • Menyiram air untuk menghindari pengerasan dak beton sebelum waktunya. Hal ini bisa juga diatasi dengan menaruh kain basah diatas permukaan lain, supaya dak beton tidak terlalu cepat mengeras.
  • Setelah jadi, aplikasikanlah pelapis anti bocor untuk dak betonsupaya lebih awet.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, penelitian pariwisata, kajian pariwisata, Architecture, Dak Beton, Design, Building, Construction

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.