Mengenal Desain Minimalis

Gaya hidup minimalis atau minimalism adalah gaya hidup yang berfokus untuk meminimalkan gangguan yang bisa menghalangi seseorang untuk melakukan hal-hal yang benar-benar penting.

Menurut Joshua Becker, seorang penulis buku Becoming Minimalist, gaya hidup minimalis berfokus pada hal-hal yang bisa membuat seseorang bahagia dan menghilangkan yang tidak membawa kebahagiaan.

Dalam konsep desain minimalis, hanya kebutuhan paling mendasar yang dihadirkan. Minimalis dalam arsitektur menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Ornamen yang tidak ada fungsinya cenderung dihindari. Dalam konsep desain arsitektur minimalis, desain digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan. Bentuk-bentuk dasar geometris, tidak adanya hiasan, penggunaan bahan-bahan yang sederhana, dan pengulangan struktur merupakan ciri khas minimalis.

Minimalis dalam arsitektur menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Di London dan New York, desain arsitektur rumah minimalis modern mulai populer di akhir 1980-an. Para arsitek dan perancang busana mencoba untuk menciptakan konsep kesederhanaan (simplicity) dengan menggunakan elemen putih, pencahayaan yang terkesan dingin, ruang yang besar dengan objek dan furnitur yang minimum. Arsitek Ludwid Mies van der Rohe dan Le Corbusier adalah dua arsitek yang memberikan pengaruh terbesar dalam dinamika arsitektur minimalis.

Berikut adalah ciri desain arsitektur mnimalis

Fungsional dan praktis

Desain rumah minimalis biasanya dilengkapi dengan furnitur yang fungsional dan praktis. Setiap furnitur yang ada harus memiliki fungsi yang jelas sehingga tidak ada ruang yang terbuang.

Warna monochrome

konsep desain ini akan mengusung palet warna netral seperti putih, beige, atau abu-abu dan sejenisnya. Skema warna monokrom mengurangi esensi tak perlu dari sebuah desain sehingga sesuai dengan prinsip konsep desain ini.

Jendela yang besar

Ciri khas lain dari desain minimalis adalah penggunaan kaca jendela yang maksimal. Jendela ini berfungsi agar udara dan cahaya matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah.

Ruang Terbuka yang Minim Sekat

Interior minimalis tidak memiliki banyak sekat atau pembatas karena dapat mempersempit ruang. Pada rumah minimalis Anda akan banyak melihat penggabungan beberapa fungsi ruang seperti ruang makan, dapur, ruang tamu, atau ruang keluarga.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata Kunci : Konsultan pariwisata, penelitian pariwisata, kajian pariwisata, Architecture, Minimalist Architecture, Design, Building, Construction, Minimalist, Minimalism

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62812-3299-9470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *