Pariwisata Indonesia

Pariwisata Indonesia merupakan industry penting di Indonesia. Pada tahun 2009, pariwisata merupakan penyumbang devisa terbesar ketiga setelah minyak, gas dan kelapa sawit.mengingat tidak habis-habisnya wisata di Indonesia, berdasarkan data tahun 2014, lebih dari 9,4 juta wisata mancanegara tiba di Indonesia, meningkat 7,05% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kekayaan alam dan budaya merupakan bagian penting dari pariwisata Indonesia. Alam di Indonesia perpaduan antara iklim tropis, 17.508 pulau, 6.000 diantaranya tidak berpenghuni, dan garis pantai terpanjang ketiga di dunia setelah Canada dan Uni Eropa. Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar dan terpadat didunia. Pantai Bali, tempat menyelam Bunaken, Gunung Rinjani dan Taman nasional Sumatera di Lombok merupakan contoh destinasi  wisata alam di Indonesia.

Baca Juga : Pengembangan Daya Tarik Wisata Budaya Kota Yogyakarta

Tempat wisata ini didukung oleh kekayaan warisan budaya yang mencerminkan sejarah Indonesia dan keragaman etnis yang dinamis dalam 719 bahasadaerah yang digunakan diseluruh nusantara. Destinasi wisata budaya di Indonesia antara lain candi prambanan, candi Borobudur, toraja, minangkabau, dan bali. Hingga tahun ini, Indonesia memiliki 7 warisan situs warisan dunia UNESCO. Pada saat yang sama, empat perwakilan lainnya yakni wayang, keris, batik, dan angklung juga masuk dalam Daftar Representatif warisan budaya.

Berdasarkan data dari pusat statistic, sebelas provinsi yang paling banyak dikunjungi adalah Bali sekitar  3,7 juta, disusul oleh DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, Lampung, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Banten dan Sumatera Barat. Sekitar 59% wisatawan mengunjungi Indonesia untuk berwisata, sedangkan 38 % untuk bisnis, singapura dan Malaysia adalah dua negara dengan catatan jumlah wisatawan terbanyak datang ke Indonesia dari wilayah ASEAN, sementara dari wilayah asia, wisatawan RRC berada diurutan pertama disusul jepang, korea selatan, Taiwan dan india. Jumlah pendatang terbanyak dari kawasan eropa berasal dari negara Britania Raya disusul oleh Belanda, jerman dan perancis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *