Pendataan Sarana Prasarana Kebudayaan Kabupaten Sleman

Kabupaten Sleman adalah salah satu kabupaten di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar, dan wisata budaya. Secara nilai budaya dan adat tradisi Kabupaten Sleman, bagian utara terdapat Gunung Merapi yang merupakan bagian dari garis imaginer, bagian timur terdapat Candi Prambanan sebagai batas tradisi budaya, bagian selatan terdapat pegunungan Gamping, yang sudah dicatatkan sebagai bagian heritage warisan budaya nasional, dibuktikan dengan keberadaan Pesanggrahan Ambarketawang, sebagai tempat pesanggrahan dibangunnya Karaton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Di bagian barat belum terdapat sebuah penanda batas budaya tradisi, sementara di wilayah barat terdapat Kecamatan Moyudan yang berbasis budaya religi, oleh sebab itu perlu didirikannya tempat sarana publik, yang dapat digunakan sebagai wadah berekspresinya berbagai fungsi dan cabang seni budaya di wilayah Kabupaten Sleman.

Baca Juga : Konsep Pengembangan Suatu Daya Tarik Wisata Setelah Pandemi

Kegiatan pendataan obyek dan sarana prasarana kebudayaan dimaksudkan untuk menginventarisasi keberadaan dan sebaran obyek dan sarana prasarana kebudayaan di Kabupaten Sleman. Adapun tujuan dari kegiatan pendataan ini antara lain :

  • Terdatanya obyek dan sarana prasarana kebudayaan yang ada di wilayah Kabupaten Sleman.
  • Tersedianya profil obyek dan sarana prasarana kebudayaan yang berisi data-data detail, diantaranya data tentang pemilik bangunan, lokasi, luasan, fasilitas pendukung, status bangunan, status tanah, kondisi fisik bangunan dan kelengkapan yang ada di dalam bangunan.

PT. Kirana Adhirajasa Indonesia, selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman melalui Bidang Dokumentasi, Sarana dan Prasarana Kebudayaan atas kepercayaan dan kerjasamanya sehingga terselesaikan suatu Pendataan Obyek dan Sarana Prasarana Kebudayaan Kabupaten Sleman Tahun 2020, demikian kajian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata di Kabupaten Sleman. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kajian atau konsultasi Pariwisata dapat menghubungi Admin kami di 081215017910.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.