Pengelolaan Ganyong sebagai Salah Satu Potensi Pertanian Desa Terbah

Desa Terbah merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Patuk, Yogyakarta. Desa ini memiliki lahan yang luas dan budidaya tanaman dan pangan yang bermacam-macam, dan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Hasil budidaya dari pertanian Desa Terbah adalah pisang bcavendish dan ganyong.

Ganyong merupakan salah satu jenis umbi-umbian dengan kandungan karbohidrat yang tinggi yang berasal dari Amerika Serikat dan tersebar di Afrika, Asia, dan Australia. Tanaman in itermasuk kedalam famili Cannaceae yang dapat tumbuh di dataran tinggi dan rendah dengan ciri-ciri antara lain; akar berupa akar serabut yang tebal, bentuknya herba berumpun, bagian daun, batang, dan kelopak bunga sedikit berlilin serta bagian tengahnya lebih tebal dengan adanya sisik berwarna ungu kecoklatan yang mengelilingi umbi.

Budidaya ganyong sendii tergolong sulit sehingga tidak banyak des ayang mau membudidayakannya. Akan tetapi Desa Terbah merupakan salah satu dari sedikit desa yang mau membudidayakannya. Ganyong sendiri memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Karbohidrat yang terdapat pada ganyong tersedia dalam bentuk gula kompleks seperti serat dan zat gizi lainnya. Kandungan gizi ini dapat memengaruhi fungsi jantung, saraf dan hormonal, serta dapat berfungsi sebagai anti-aging, antikanker, antioksidan, memberikan efek analgesik, relaksasi otot dan stimulan.

Penduduk setempat mengolah ganyong menjadi “krecek”. Krecek merupakan produk pangan yang biasanya terbuat dari kulit kerbau atau sapi yang diolah dengan cara pengeringan. Biasanya krecek dihidangkan bersama dengan gudeg dalam bentuk sambal goreng. Di desa Terbah  penduduknya memproduksi krecek yang terbuat dari ganyong, sayangna produk ini belum diketahui oleh masyarakat luas. Krecek yang terbuat dari ganyong ini mempunyai beberapa manfaat seperti mengobati sakit lambung, memperbaiki sistem pencernaan dan usus, membantu proses pertumbuhan anak kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *