PENGEMBANGAN DESA WISATA MANDIRI GIRIPURWO

giripurwo

Pariwisata dapat digunakan untuk menjadi salah satu sumber penghasilan suatu daerah karena pariwisata dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut. Hal tersebut dapat membantu UMKM baik dari segi jasa, kuliner dan lainnya untuk memasarkan produknya. Seperti halnya di Kalurahan Giripurwo, salah satu objek wisata menarik untuk dikunjungi adalah laut Bekah. Wisata laut Bekah sendiri memiliki panorama keindahan dengan dikelilingi oleh tebing-tebing curam dengan ketinggian 90 mdpl.

Selain itu, tempat ini menjadi spot memancing yang bagus karena lokasinya yang dekat salah satu palung laut yang menjadi surga bagi hewan-hewan laut seperti ikan dan lobster dan juga para wisatawan sesekali dapat melihat ikan paus atau hiu dari atas tebing. Posisi tebing yang menjorok ke laut dengan kemiringan 180 derajat dan tanpa adanya halangan pandangan dapat membuat kita menikmati sunset dengan sempurna.

Untuk fasilitas yang disediakan seperti tempat penginapan, tempat parkir, kuliner, toilet umum dan lain sebagainya memang belum memadai. Oleh karena itu,masyarakat di Kalurahan Giripurwo dapat memanfaatkan potensi ini untuk membangun atau mengembangkan UMKM-nya baik dari segi jasa, kuliner dan lainnya.

Baca Juga : MICE Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Citra Indonesia

Berdasarkan Keputusan Lurah Giripurwo Kapanewan Purwosari Kabupaten Gunungkidul No.4/KPTS/2022 tentang penetapan pengelolaan desa wisata Kalurahan Giripurwo tahun anggaran 2022, bahwa Desa Wisata Giripurwo memiliki potensi dan daya tarik wisata alam, wisata buatan dan wisata budaya dalam satu Kawasan tertentu yang terintegrasi dengan didukung atraksi, akomodasi dan fasilitas lainnya yang telah dilembagakan dan dikelola oleh Pemerintah Kelurahan bersama masyarakat.

Didalam surat keputusan telah ditetapkan pengelolaan Desa Wisata Giripurwo yang berkedudukan di Kelurahan Giripurwo Kapanewon Purwosari Kabupaten Gunungkidul bertugas mengelola potensi daya tarik wisata didukung atrkasi, akomodasi, dan fasilitas lain untuk kesejahteraan masyarakat.

Kalurahan Giripurwo merupakan Kalurahan yang memiliki beberapa potensi daya tarik wisata, setidaknya Kalurahan Giripurwo mempunyai sekitar 5 pantai dari 16 daya tarik wisata alam. Dengan memiliki pantai yang yang berada di pantai selatan berdekatan dengan jalur JJLS dan Kabupaten Bantul. Kalurahan Giripurwo memiliki potensi wisata yang besar untuk dikembangkan, namun belum dapat dioptimalkan secara maksimal. Pemerintah daerah sejauh ini hanya fokus mengelola sebagian kecil dari daya tarik wisata yang ada. Beberapa pariwisata dikelola oleh masyarakat sendiri.

Beberapa daya tarik wisata pantai yang terdapat di Kalurahan Giripurwo adalah sebagai berikut:

  1. Pantai Bekah
  2. Pantai Ngrumpon
  3. Pantai Katu
  4. Pantai Kayu Walang
  5. Pantai Kalang

Pariwisata merupakan sektor yang berpotensi untuk dikembangkan dan dapat meningkatkan potensi ekonomi Kalurahan Giripurwo. Mengingat potensi itu maka perlu adanya program yang dapat mengakselerasi pembangunan pariwisata Kalurahan Giripurwo, beberapa sub program yang akan dikuatkan dalam program ini yaitu:

  1. Optimalisasi Atraksi Wisata
  2. Peningkatan Fasilitas Wisata
  3. Peningkatan Usaha Promosi
  4. Penguatan Masyarakat Lokal
  5. Peningkatan Aksesbilitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *