Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran

Pembangunan Pariwisata pada saat ini memiliki peran yang signifikan pada  beberapaa  aaspek  yaitu  social,lingkungan  dan  ekonomi.  Pada  aspek social  pengembangan  pariwisata  memberikan  berbagai  macam  lapangan pekerjaan dan peluang usaha bagi masyarakat setempat maupun investor yang tertarik dalam pengembangan paiwisata sehingga dengan tersedianya peluang usah akan mengurangi angka pengangguran di daerah tersebut selain itu adat istiadat di daerah tersebut akan tetap terjaga karna adat istiadat menjadi salah satu  daya  tarik bagi pengunjung. Pada aspek lingkungan khususnya di ekowiata pengembangan paiwisata dapat mengangkat keunikan local dan tetap bisa menjaga kelestarian alam serta budaya  tradisional  dan  pada  aspek ekonomi pembangunan pariwisata memberikan  pemasukan pada devisa bagi suatu negara sehingga pendapatan suatu negara tidak hanya berpusat pada gas dan minyak bumi.

Pada saat ini pengembangan obyek pariwisata sedang gencarnya dalam mengembangkan potensi di ssuatu daerah. Pengembangan oyek wisata ini  bertujuan  sebagai  pengenalan  suatu  daerah  ke  masyarakat  luas  serta sebagai media dalam meningkatkan perekonomian di daerah tersebut. Dalam mengembangkan  obyek  pariwisata  banyak  peran  yang  terlibat  seperti Pemerintah setempat,  warga dari  daerah  tersebut serta  adanya peran  media social yang kuat. Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini menduduki peringkat kedua setelah bali dalam banyaknya pengunjung yang datang di obyek wisata. Dalam  4  Kabupaten  dan  1  Kota  di  Yogyakarta  Pemerintah  Kota  dan Kabupaten  sama-sama  sedang  menggali  potensi  wisata  didaerah  masing-masing  karena  setiap  taahun  peunjung  di  Yogyakarta  semakin  meningkat maka perlu adanya obyek wisata yang terus bertambah.

Desa wisata adalah adanya pengembangan dan pembangunan pariwisata yang melibatkan seluruh masyarakat, sehingga  berdampak pada  masyarakat setempat  yang memiliki manfaat  dari  segi  ekonomi,  social-budayadan  juga  lingkugan.  Desa Nglangeran memiliki wilayah yang berupa bukit-bukit dengan ketingian dan lembah  serta  memiliki  potensi  flora  dan  fauna  yang  beragam.  Desa Nglanggeran mulai dikembangkaan oleh karang taruna di desa tersebut yang berawal  dari kegiatan  social  yaitu penghijauan  di  area Gunung  Api  Purba. yang  ditanami  bebrbagai  macam  tanaman  buah  selanjutnya  Desa  Wisata Nglanggeran  berkembang  pada  saat  dibentuknya  sebuah  lembaga  yang dinamakan  Kelompok  Sadar  Wisata  atau  yang  biasa  disebut  “Pokdarwis” Desa  Wisata  Nglanggeran  padatahun  2013,  dimana  pada  tahun  tersebut merupakan  awal  mula  pengembangaan  Desa  Wisata  Nglanggeran  secara professional  dimana  diharapkan  dengan  adanya  Desa  Wisata  ini  mampu meningkatkan  perekonomian  masyarakat  setempat.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, penelitian pariwisata, kajian pariwisata

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *