Potensi Desa Wisata Kembanglimus, Kabupaten Magelang

Desa Kembanglimus merupakan salah satu desa dari duapuluh desa yang ada di Kecamatan Borobudur yang mempuyai potensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata, pemikiran seperti ini bukanlah pemikiran spontan yang tanpa didasari pemikiran, akan tetapi suatu hasil pemikiran yang didasarkan atas beberapa pertimbangan yang antara lain bahwa desa Kembanglimus hanya berjarak kurang lebih 3 Km di sebelah barat candi Borobudur, selain hal tersebut desa Kembanglimus mempunya potensi kerajinan masyarakat, potensi kawasan wisata, potensi kesenian, potensi kuliner, dan potensi kawasan pertanian desa yang luas indah yang dapat menambah kesejukan dan kindahan untuk dipandang, Kalau desa Kembanglimus dapat menata daerahnya, maka bukan tidak mungkin dapat menjadi desa wisata wisata pendukung candi Borobudur. Desa Kembanglimus merupakan desa yang menyimpan potensi wisata menjanjikan dan masih terus dikembangkan. Letaknya sendiri tidak jauh dari seputaran kawasan Candi Borobudur.

Desa Kembanglimus merupakan desa yang banyak memiliki pengrajin bata merah, selain itu sebanyak kurang lebih 60% penduduknya menjadi pembuat gula Jawa, juga ada Waroeng Ampiran Agro Wisata yang dapat dicapai dengan mudah. Di Waroeng Ampiran ini wisatawan bisa membeli berbagai macam sayuran segar yang ditanam oleh penduduk sekitar. Selain itu wisatawan bisa mencicipi nikmatnya bersantap dengan mangut Beong, ikan khas kali Progo yang mulai punah. Beong merupakan ikan yang penampilannya merupakan perpaduan ikan lele dan ikan gabus. Desa Kembanglimus juga mempunyai potensi wisata alam yaitu Punthuk BOGELAN dan Punthuk SEBERUK. Dibantu oleh Patrajasa, Kembanglimus akan dikembangkan menjadi desa wisata. Potensi di Desa wisata Kembanglimus magelang diantaranya:

  1. Pengrajin batu-bata Batu bata adalah salah satu bahan pokok untuk mendirikan sebuah rumah, di desa kembang limus juga ada tempat penjualan batu bata yang di buat dari tangan. bapak Mujiono adalah salah satu pemilik dari pabrik batu bata.
  2. Cinderamata Masayarakat Kembanglimus juga ada membuat cineramata yang berbentuk ukiran-ukiran bambu untuk dijual ke daerah-daerah wisata di sekitar maupun di luar desa. Cinderamata yang dijual di daerah-daerah wisata desa kembanglimus, selain harganya murah kualitas ukiran dan gambar bisa diandalkan. hal tersebut karena tirai kecil ini dibuat oleh orang-orang ahli ukir yang sudah berpengalaman. salah satu pembuat cinderamata ini adalah bapak mujiyono yang juga memiliki beberapa usaha lainnya seperti batu bata dan ternak hewan.
  3. Bukit Rhema Bukit rhema adalah sebuah bukit di kawasan Borobudur, tepatnya di Dusun Gombong Desa kembanglimus. Sebenarnya obyek ini berupa sebuah gereja kristen berbentuk burung merpati yang sangat besar dengan tinggi sekitar 25 meter. Pembangunan gereja itu belum berhasil. Kondisi sekarang gereja tsb banyak yang rusak dan tidak terurus, meskipun demikian tetep bagus, tepatnya aja di bukit, ke sebelah utara bisa dilihat kabupaten magelang dan. Ke Sebelah selatan bisa dilihat Puncak pegunungan Menoreh yang sangat luar biasa indahnya.
  4. Kuliner Kembanglimus Rumah Makan Sehati Mencicipi kuliner mangut beong yang khas di Warung Ampiran Agro Wisata Desa Kembanglimus. Desa Kembanglimus merupakan desa yang menyimpan potensi wisata menjanjikan dan masih terus dikembangkan.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, penelitian pariwisata, kajian pariwisata

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *