Potensi Wisata Jawa Tengah : Wellness Tourism

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang memiliki kekayaan budaya dan wisata yang sangat banyak. Terletak di wilayah yang memiliki daerah pesisir sampai pegunungan menjadikan Jawa Tengah menawarkan berbagai jenis wisata mulai dari pantai sampai pemandangan yang indah di pegunungan. Tak lupa banyaknya budaya yang masih sangat kental dan unik menjadi daya tarik tersendiri. Tren pariwisata di masa pandemi telah bergeser. Keinginan liburan tanpa banyak berinteraksi dengan orang lain mengubah tren pariwisata. Untuk itu pelaku pariwisata di Jawa Tengah perlu berfikir out of the box dan berinovasi untuk mendukung tren pariwisata yang bergeser di pasca pandemi, salah satunya dengan wellness tourism.

Wellness tourism, atau wisata minat khusus untuk menjaga kebugaran, memiliki potensi untuk berkembang pesat selama peralihan ke masa normal baru setelah sebelumnya masa pandemi Covid-19. Karena selama masa karantina, keinginan masyarakat dalam menyehatkan tubuh dan pikiran lebih tinggi dibanding sebelum munculnya Covid-19 (Han & An, 2022).  Sebagai contoh di negara China mengembangkan obat tradisional dengan cultural background yang kuat seperti jamu, yaitu Traditional Chinese Medicine (TCM). TCM berhasil diinternasionalisasikan berkat inisiatif, bantuan dan dorongan yang kuat dari pemerintah China untuk dapat menginternasionalisasikan produk TCM. Keberadaan jamu sebagai obat tradisional menjadikan jamu sebagai produk yang high culture specific. Produk yang memiliki ikatan budaya yang tinggi seperti jamu tentu memiliki proses adaptasi yang berbeda dari pada produk yang sifatnya universal. Slogan ”getting bigger by acting smaller”(mendapatkan yang lebih besar dengan melakukan yang lebih kecil) merupakan prinsip yang dapat diterapkan pada niche market. Dikutip dari antranews.com, Chen Zhu, Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional China, mengatakan bahwa China siap berkolaborasi dengan negara-negara Jalur Sutra untuk mempromosikan pelestarian dan inovasi TCM, meningkatkan perannya dalam memerangi pandemic Covid-19, serta bersama-sama membangun komunitas kesehatan global bagi semua.

Potensi wisata kebugaran juga dikembangkan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, daerah ini memiliki potensi dalam produksi minuman berbahan dasar alami atau jejamuan, tradisi pijat ala Jawa, meditasi, terapi seni, makanan sehat, serta jelajah alam dan kota menjadi tambahan variasi aktifitas wisata kebugaran yang tersedia. Bali pun tengah bersiap untuk menjadi destinasi wisata kebugaran. Selain menyiapkan daya tarik wisata untuk layanan kecantikan, pulau Dewata akan mengembangkan wisata olahraga khusus yoga dan meditasi di Pulau Nusa Dharma. Dengan seiringnya kasus Covid-19 yang menurun berpotensi akan meningkatkan minat untuk berwisata wellness.

Jawa Tengah memiliki potensi pariwisata yang berbeda dan unik serta memiliki aspek ketersediaan, baik dalam sarana pariwisata yang diharapkan tersedia disekitar kawasan wisata di antaranya prasarana umum serta sarana prasarana wisata (Guntur, 2013). Sedangkan, menurut Soebiyantoro (2009) menjelaskan bahwa sektor pariwisata memiliki potensi untuk dikembangkan khsusnya Jawa Tengah. Peranan sektor pariwisata di Jawa Tengah sangat diperlukan untuk mengetahui kemampuan sektor pariwisata dalam menyumbang kontribusinya pada perekonomian Provinsi Jawa Tengah. Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang memiliki kekayaan budaya dan wisata yang sangat banyak. Terletak di wilayah yang memiliki daerah pesisir sampai pegunungan menjadikan Jawa Tengah menawarkan berbagai jenis wisata mulai dari pantai sampai pemandangan yang indah di pegunungan. Tak lupa banyaknya budaya yang masih sangat kental dan unik menjadi daya tarik tersendiri.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *