Tingkat Penghunian Kamar Hotel dan Akomodasi di Jepara Tabel 2. 5 Jumlah Hotel dan Akomodasi Lainnya Menurut Klasifikasi di Kabupaten Jepara Tahun 2018

Hotel adalah penyediaan akomodasi secara harian berupa kamar-kamar di dalam satu bangunan yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makan dan minum, kegiatan hiburan dan atau fasilitas lainnya. Hotel terdiri dari hotel berbintang dan hotel non bintang. Hotel bintang adalah usaha penyediaan jasa pelayanan penginapan, makan minum serta jasa lainnya bagi umum dengan munggunakan sebagian atau seluruh bangunan. Usaha ini dikelola secara komersial serta memenuhi ketentuan persyaratan sebagai hotel bintang (termasuk berlian) Yang ditetapkan dalam surat keputusan instansi yang membinanya. Misalnya hotel bintang lima, hotel bintang empat dan seterusnya.

Di lihat dari data di atas, Kecamatan Karimunjawa memiliki usaha akomodasi paling lengkap baik hotel non bintang, maupun hotel berbintang dengan jumlah yang cukup memadai diantaranya terdapat 2 hotel berbintang, 100 hotel non bintang dan homestay, sehingga total di Kecamatan Karimunjawa terdapat 102 akomodasi. Fasilitas akomodasi yang memadai ini dapat menjadi salah satu penguat alasan wisatawan berkunjung ke Kabupaten Jepara.

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel merupakan gambaran produktivitas usaha jasa akomodasi. Dilihat dari tabel di atas, produktivitas usaha jasa akomodasi di Kabupaten Jepara pada tahun 2020 mengalami penurunan. TPK hotel bintang pada bulan Januari tercatat 46,29 persen turun menjadi 43.02 persen. Hingga titik terendah ada di Bulan Mei 2020 hanya 11.59 persen. Hal ini dikarenakan terjadinya pandemi Covid-19 pada tahun 2020 memberikan pukulan bagi industri pariwisata di Kabupaten Jepara yang berada dibawah angka 50 persen.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, penelitian pariwisata, kajian pariwisata

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *