Profil Desa Wisata Pacarejo Gunungkidul

Desa Pacarejo merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan pusat pemerintahan di Pedukuhan Kuwon Lor. Berdasarkan historis pemerintah, Desa Pacarejo merupakan penggabungan dari 3 Kelurahan yaitu, Kelurahan Kuwangen, Kelurahan Kuwon dan Kelurahan Dengok, dengan 28 pedukuhan yang ada di Desa Pacarejo dan membawahi 28 RW serta 140 RT. Ini menunjukkan bahwa Desa Pacarejo merupakan desa dengan pengelolaan pedukuhan terbesar di DIY. Dalam pengelolaan pemerintahan desa, pengembangan desa didasarkan pada musyawarah desa yang terdiri atas unsur masyarakat, unsur pemerintah desa, dan unsur Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Secara geografis, letak Desa Pacarejo berada disebelah tenggara Kota Wonosari (Ibukota Kabupaten Gunungkidul). Jarak antara pusat pemerintahan Desa Pacarejo dengan Kota Wonosari kurang lebih 7 km. Desa Pacarejo memiliki luas wilayah kurang lebih 3693.1810 ha yang berbatasan langsung dengan desa-desa lain di Kecamatan Semanu dan juga Kecamatan lain di Kabupaten Gunungkidul. Adapun batas-batas Desa Pacarejo sebagai berikut:

  • Sebelah Utara : Desa Baleharjo Kecamatan Wonosari Gunungkidul
  • Sebelah Timur : Desa Candirejo Desa Semanu Semanu Gunungkidul
  • Sebelah Selatan : Desa Hargosari Kecamatan Tajungsari Gunungkidul
  • Sebelah Barat : Desa Mulo Desa Duwet Wonosari Gunungkidul

Desa Pacarejo memiliki 40 potensi wisata lokal berupa gua, luweng, telaga, bendungan, dan jembatan. Desa Pacarejo memiliki 13 telaga untuk menampung air hujan, yang memiliki daya tampung maksimal kurang lebih 60.000 𝑚 3 . Jenis tanah di Desa Pacarejo pada umumnya adalah komplek latosol dan mediteran merah dengan bebatuan cadas. Sedangkan bentuk wilayahnya bergelombang sampai berbukit. Untuk suhu udara di Desa Pacarejo rata-rata dari suhu 23,2ºC sampai 32,4ºC dengan kelembaban 80% sampai 85%. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata Desa Pacarejo sudah terbilang lengkap. Tersedia kamar mandi umum, mushola, rumah makan, hingga homestay bagi anda yang ingin bermalam di sini.

Desa Pacarejo memiliki banyak produk unggulan lokal yang tersebar diberbagai pedukuhan. Produk unggulan Desa Pacarejo meliputi makanan onde-onde, kerajinan tas kulit dan vinil, kerajinan ukir batu, kerajinan anyaman, kerajinan bamboo kayu bulu ayam, dan mebel gibsum serta las. Di samping itu, industri-industri skala rumah tangga juga cukup tumbuh seperti: industri jamu, jamur, kerupuk, batik ecoprint, susu kedelei, dan aneka snack serta catering. Pada sektor perkebunan dan pertanian, masyarakat juga memasarkan hasil kebunnya meliputi usaha tanaman holtikultura, bawang merah, dan cabai.

Desa Pacarejo memiliki beragam destinasi wisata alam yang menarik dan tak boleh anda lewatkan ketika liburan di Gunung Kidul seperti Goa Jomblang, Goa Grubug, Kalisuci, Telaga Jonge.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, kajian pariwisata, RIPPARDA, Bisnis Plan.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *