Profil Desa Wisata Pancoh, Pesona Wisata di Wilayah Turi

Desa Ekowisata Pancoh merupakan salah satu desa wisata kategori mandiri yang berada di Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Desa Ekowisata Pancoh resmi dibentuk pada tahun 2012. Konsep Ekowisata dipilih karena para pengelola percaya ekowisata dapat meningkatkan kualitas hidup warganya, pengunjung, dan lingkungannya. Desa Ekowisata Pancoh menawarkan berbagai daya tarik wisata alam, budaya, edukasi dan buatan di antaranya yaitu paket wisata susur sungai dan lingkungan, edukasi tanaman organik, tanaman salak, edukasi pembuatan bio gas dari kotoran ternak, edukasi budaya Laras Madyo, Pek Bhung, edukasi alat musik gamelan, edukasi menanam padi, edukasi olahan sampah, membatik, fun game dan outbound. Paket wisata yang ditawarkan dapat dipilih mulai dari short visit sampai live in atau menginap di rumah warga. Sejak didirikan pada tahun 2012, Desa Ekowisata Pancoh pernah mengalami kekosongan aktifitas selama hampir satu tahun, dan kembali bangkit pada tahun 2014. Bangkitnya Desa Ekowisata Pancoh tidak terlepas dari peran serta masyarakat dan berbagai lembaga yang mendampinginya. Peningkatan jumlah wisatawan di Desa Ekowisata Pancoh setiap tahunnya, mampu menumbuhkan rasa semangat bagi para pengelola untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan pada wisatawan. Hingga saat ini Pancoh terus menunjukkan perkembangan yang signifikan dan menjadi salah satu model pariwisata berkelanjutan bagi Desa Wisata di Kabupaten Sleman.

Berbagai fasilitas terus dibenahi oleh pengelola desa guna memberikan kenyamanan wisatawan dan memberikan pengalaman berwisata yang paripurna. Vengesayi, Mavondo, & Reisinger (2010), menyampaikan bahwa suatu destinasi dianggap semakin menarik ketika semakin banyak memenuhi kebutuhan wisatawan dan semakin menjadi preferensi pilihan ditengah persaingan daya tarik wisata. Beberapa elemen yang dianggap penting oleh wisatawan dalam memilih tujuan wisata diantaranya yaitu fasilitas, daya tarik, harga yang ditawarkan dan jaringan transportasi atau aksesibilitas.

Peran masyarakat Desa Pancoh sangatlah besar dalam menentukan keberhasilan pengembangan Desa Wisata. Akan tetapi, tidak semua masyarakat tergerak untuk ikut berperan aktif dalam pengembangan Desa Wisata Pancoh, kurangnya kesadaran masyarakat akan potensi wisata yang ada menjadi faktor penghambat utama dalam pengembangan Desa Wisata Pancoh, sehingga banyak potensi-potensi desa yang masih belum dapat dikelola. Selain itu, masih minimnya fasilitas atau sarana prasarana penunjang yang dapat mendukung pengembangan Desa Wisata dan juga masih minimnya kemampuan sumber daya manusia yang profesional dalam mengelola potensipotensi desa yang ada juga menjadi faktor lain yang dapat menghambat pengembangan Desa Wisata Pancoh.

Setelah melihat permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat pengembangan Desa Wisata Pancoh, maka beberapa anggota dari masyarakat Pancoh berinisiatif dan tergerak untuk mengembangkan Desa Wisata Pancoh, beberapa anggota masyarakat tersebutlah yang sekarang tergabung di Kelompok Sadar Wisata atau yang sering dsebut dengan Pokdarwis, Pokdarwis ini diberi nama Pokdarwis Pancoh yang artinya Kelompok Sadar Wisata masyarakat Pancoh, Pokdarwis Pancoh bertekad membangkitkan semangat dan motivasi masyarakat Pancoh agar mereka menyadari akan kekayaan Desa Pancoh yang berpotensi apabila dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik. Pokdarwis Pancoh berhasil membuktikan perannya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat Pancoh untuk bersama-sama dalam mengembangkan Desa Wisata Pancoh, yaitu terbukti dengan adanya data homestay dari tahun ke tahun yang menunjukkan peningkatan, dari tahun 2012 : 5 rumah, tahun 2013 : 28 rumah, tahun 2014 : 45 rumah, tahun 2015 : 55 rumah, dan terakhir tahun 2016 : 65 rumah (sumber: Data Homestay Desa Wisata Pancoh tahun 2016).

Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya peran dari Pokdarwis Pancoh tersebut masyarakat Pancoh tergerak dan termotivasi untuk mengembangkan Desa Wisata Pancoh, dengan adanya Pokdarwis Pancoh ini harapannya masyarakat Pancoh dapat bergerak bersama dan terus konsisten dalam mengembangkan Desa Wisata Pancoh. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, peneliti akan meneliti permasalahan tentang bagaimana peran Pokdarwis Pancoh dalam meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai upaya pengembangan Desa Wisata Pancoh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *