Serat Werttasanacaya

Manuskrip merupakan koleksi langka yang dipunyai oleh setiap bangsa di belahan dunia. Masyarakat bisa mempelajari perjalanan hidup leluhurnya melalui naskah lama yang telah dianggit leluhurnya. Manuskrip sangat penting utuk dikaji dan dijaga kelestariannya karena ini merupakan jejeak sejarah yang sangat penting. Ini juga merupakan warisan masa lampau yang memuat pengetahuan yang berkaitan dengan realitas atau kondisi sosiokultural yang berlainan dengan kondisi sekarang.

Manuskrip juga mengandung informasi yang tak sembarangan dari bidang sastra, agama, hukum, adat istiadat, dan lannya. Informasi yang berada di manuskrip dapat membantu atau menjadi panduan bagi penekun sejarah maupun peneliti di bidang humaniora tatkala mempelajari topik yang dikajinya.  Contohnya adalah Serat Werttasanacaya.

Serat werttasanacaya atau serat cakrawala duta ini sudah dilaporkan oleh Yatini Wahyuningsih, SE, M.Si pada tanggal 28 Juni 2021 di Surakarta. Serat ini awalnya disusun di Jawa Timur oleh Empu Tanakung yang hidup pada akhir zaman kerajaan Kediri dengan perkiraan tahun pembuatan rentang abad XV, lalu ditulis ulang di Surakarta permulaan abad XX. Isinya mengenai ilmu persajakan memakai gambaran sepasang kekasih yang berpisah lalu dipertemukan kembali melalui perantara sepasang bebek, sumber lain menyebutkansepasang burung wilis. Serat ini disusun dalam bentuk tembang dengan jumlah contoh 94 buah. Serat ini bisa dikategorikan sebagai salah satu serat yang sangat puitis dengan kalimat-kalimat yang ndah. Uraian yang disampaikan dalam teks ini disertai dengan alur cerita serta penokohan yang mirip dengan serat aji pamasa. Yaitu tentang asmara seorang putri dengan remaja yang harus terpish karena suatu hal dan akhirnya bersatu kembali karena pertolongan burung mliwis.

Sampai sekarang serat ini masih bertahan dengan upaya pelestariannya dengan cara promosi secara langsung dan promosi secara lesan, atau dari mulut ke mulut. Adapun dokumentasinya berupa naskah, mikrofilm, dan foto digital.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, penelitian pariwisata, kajian pariwisata

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.