Strategi Pengembangan Pasar Tradisional di Kota Semarang

pasar

Pasar Tradisional menurut Perpres Nomor 112 tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern adalah pasar yang dibangun dan dikelola oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, Swasta, BUMN dan BUMD termasuk kerjasama dengan swasta dengan tempat usaha berupa toko, kios, los dan tenda yang dimiliki/dikelola oleh pedagang kecil, menengah, swadaya masyarakat atau koperasi dengan usaha skala kecil, modal kecil dan dengan proses jual beli dagangan melalui tawar menawar. Pasar Tradisional di Kota Semarang merupakan salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi dan dalam hal penyerapan tenaga kerja.

Pengembangan yang dilaksanakan oleh Dinas Pasar Kota Semarang untuk mencapai visinya yaitu mewujudkan pasar tradisional modern dilakukan melalui pelaksanaan strategi serta program dan kegiatan yang telah ditetapkan, akan tetapi hal tersebut belum dilakukan secara optimal. Kenyataannya saat ini kondisi Pasar Tradisional di Kota Semarang sebagian besar masih memprihatinkan yaitu 40% rusak, 30% rusak ringan dan 30% baik, selain itu, masih banyak pedagang yang menempati lorong – lorong jalan dan cepatnya pertumbuhan pasar modern di Kota Semarang membuat keberadaan pasar Tradisonal di Kota Semarang semakin tersingkir.

Berdasarkan uraian permasalahan yang telah disebutkan, maka perlu dilakukan penelitian terkait “Strategi Pengembangan Pasar Tradisional di Kota Semarang”. Hal ini dilakukan agar dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam rangka penetapan strategi yang tepat sehingga dapat menciptakan Pasar Tradisonal yang mampu bersaing dengan pasar dan dapat menarik minat masyarakat lokal tetapi dapat menarik wisatawan domestik dan wisatawan asing yang berkunjung ke kota Semarang.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 4 =

Latest Comments