Strategi Promosi Melalui Public Relations Kebudayaan Mapag Menak

Mapag Menak memiliki makna “Mapag” berarti “Menjemput”, sedangkan“Menak” berarti“ orang yang memiliki  kelas  sosial atau golongan bangsawan”, sehingga dapat di  simpulkan  Mapag  Menak adalah adat istiadat yang  dilakukan  masyarakat  untuk menyambut  tamu yang  datang  ketempat tersebut.  Mapag Menak tercipta atas dasar wujud etika (moral) yang begitu besar dari masyarakat dalam menghormati tamunya terutama   dalam   menyambut   tamu-tamu besarseperti pejabat daerah ataupun orang penting lainnya. Mapag Menak memiliki peran   penting bagi   masyarakat, selain sebagai bentuk  menghormati  tamu yang datang, Mapag Menak juga akan membuat setiap elemen   masyarakat   untuk   saling bergotong royong    dalam     menyambut kedatangan  tamu. Karena merupakan adat istiadat yang memiliki nilai sosial  tinggi, Mapag Menak yang dilaksanakan oleh masyarakat Kampung PancaDesa  Nagrak Kecamatan Pacet  Kabupaten  Bandung  di wariskan    secara    turun temurun    oleh sesepuhnya kepada setiap generasi, dengan  harapan    masyarakat    penerus akan    tetap  menjaga adat istiadat  tersebut. Kebudayaan Mapag Menak sampai saat ini telah    dikelola    oleh    Padepokan    Seni Kebudayaan Saung Langit Pancanitis.

Dodombaan, iringan musik tradisikesenian pencak  silat  dan  kesenian  lainnya yang merupakan kesenian khas Kampung Panca. Semua elemen    masyarakat akan    ikut berpartisipasi dengan sukarela baik dengan pikiran, tenaga, materi dan lain sebagainya. Selain  kesenian  khasnya,  hidangan yang akan disuguhkan juga merupakan makanan khas hasilalam    masyarakat    Kampung Panca. Dengan dilaksanakannya tradisi adat Mapag menakini, masyarakat akan memiliki  bentuk  keramahan,  dan  memiliki jiwa    sosial    baik    dalam kelompoknya maupun orang lain, selain itu kearifan lokal masyarakat   Kampung Pancaakan   tetap lestari.

Agar KebudayaanMapag  Menak dapat dikenal   oleh   seluruh   masyarakat   Sunda mulai    dari    anak-anak,    kaum    remaja, dewasa,  bahkan  para  orang  tua  tentunya langkah-langkah yang dilakukan sebaiknya menggunakan   strategi   promosi melalui public  relationsmerupakan  sebuah  proses yang direncanakan  dan berlangsung secara terus-menerus     atau     berkesinambungan, dimana  tujuan  dari  semua  kegiatan  atau aktivitas   yang   dilakukan   adalah   untuk membangun, menjaga, sertai mempertahankan  citra  positif  dari  publik internal maupun eksternal terhadap perusahaan, dengan     demikian     ketika Kebudayaan   Mapag   Menak   melakukan promosi   melalui   public   relation   secara intensif tentunya tidak hanya memperkenalkan   saja   tetapi   membagun citra   positif   pada   masyarakat,   sehingga nanti   Kebudayaan   Mapag   Menak   akan tersebar  luas  dan  semakin  dikenal  positif oleh  masyarakat  luas  terutama  masyarakat Sunda.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, penelitian pariwisata, kajian pariwisata

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.